Saturday, October 29, 2005

Globalisasi 3.0 - Bumi itu datar!


Ketika Colombus menginjakan kakinya di benua Amerika itulah saat terjadinya globalisasi 1.0 atau globalisasi negara. Saat James Watt menemukan mesin uap dan dimulainya revolusi industri, saat itu globalisasi 2.0 dimulai. Globalisasi 2.0 dapat disebut juga globalisasi perusahaan. Pada saat itu perindustrian berkembang pesat dan pemilik modal kuatlah yang keluar menjadi pemenang.

Globalisasi 3.0 ialah globalisasi individu. Di masa ini akan terjadi peningkatan dan pemberdayaan kualitas individu secara luar biasa besar. Globalisasi 3.0 telah membuat dunia menjadi datar. Demikian kata Thomas Friedman, seorang wartawan The New York Times dalam bukunya The World is Flat.

Satu di antara 10 tren yang diperkenalkan Friedman ialah kemajuan teknologi informasi. Teknologi informasi seringkali diidentikan dengan internet. Memang sejak kemunculan internet inilah yang memulai globalisasi 3.0. Kecepatan penetrasi internet jauh lebih cepat dibandingkan radio ataupun televisi yang telah ditemukan beberapa puluh tahun sebelum internet diperkenalkan.

Kemunculan internet ini menciptakan individu-individu luar biasa. Sebut saja David Filo dan Jerry Yang [pendiri Yahoo!], Larry Page dan Sergey Brin [pendiri Google], Michael Dell [pendiri Dell Computer], dan masih begitu banyak lagi individu-individu luar biasa di luar sana atau bahkan di sekitar lingkungan kita sendiri. Di Indonesia, kita bisa menyebut nama Anne Ahira [jutawan muda dari Bandung], pendiri Bhinneka.com, pendiri Detik.com, dll. Selain mereka pasti masih ada jutaan individu luar biasa yang tidak kalah dari mereka - mereka tadi.

Internet mengeliminasi batasan – batasan yang ada pada tiap diri individu. Anda tidak perlu menjadi ahli marketing atau kuliah di jurusan marketing untuk menjadi finalis Nokia Marketing Award. Dua orang finalis Nokia Marketing Award 2005 kategori S1, juara 3 dan juara harapan 1 diduduki oleh mahasiswa jurusan non-marketing. Yang satu ialah mahasiswi jurusan Engineering Cambridge University semester 1 dan yang satunya lagi ialah mahasiswa jurusan Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara semester 5.

Di dunia maya anda dapat menemukan sumber-sumber ilmu yang tidak terbatas jumlahnya. Memiliki akses internet ialah tantangan pertama. Tantangan berikutnya ialah bagaimana mengoptimalkan akses internet yang anda miliki untuk menggali sumber-sumber ilmu dengan efektif sehingga anda beroleh hasil yang optimal. Demikianlah yang menjadi kunci kemenangan 2 orang mahasiswa non-marketing tadi untuk masuk ke lima besar Nokia Marketing Award 2005.

Bagaimana mereka mengefektifkan akses internet sehingga mereka bisa memperoleh hasil yang demikian luar biasa? Bagaimana mereka mencapai prestasi di luar materi mereka? Apa saja yang mereka lakukan untuk memperoleh hasil-hasil itu?

Berikut ini ialah beberapa tips praktis finalis Nokia Marketing Award 2005 berasal dari jurusan teknik informatika UBiNus :

a) Cintai apa yang anda akan pelajari

Suatu hal yang mendasar yang sering dilupakan orang ialah mencintai apa yang anda pelajari. Kelihatannya seperti omong kosong, tapi hal inilah yang akan membuat perbedaan besar pada hasil akhir suatu proses belajar. Mencintai apa yang anda pelajari berarti anda tahu kenapa anda mempelajari hal itu, apa yang akan anda pelajari, target anda, dan apa yang anda peroleh dari hasil belajar itu.

b) Memanfaatkan internet : apa saja yang dapat anda manfaatkan

  • Yahoo! Groups

Lebih sering disebut milis, yang merupakan singkatan dari mailing-list. Di sini tempat berkumpulnya komunitas-komunitas baik lokal maupun dunia. Mulai dari komunitas penggemar makanan seperti Jalansutra, komunitas penggemar machintosh seperti idMac hingga komunitas hacker seperti Jasakom ada di sini. Di dalam komunitas ini anda akan menemukan banyak teman untuk belajar bidang apa yang ingin anda tekuni. Beberapa dari mereka akan dengan sangat senang untuk berbagi ilmu, ada pula yang penasaran hingga aktif bertanya. Dari sini anda dapat mempelajari sesuatu.

· Google

Mesin pencari tercanggih saat ini dengan tampilan awal yang minimalis, hasil pencarian yang sangat cepat dan akurat serta lengkap. Masukan kata kunci dari apa yang ingin anda pelajari dan dalam waktu tidak sampai 1 detik, Google akan menampilkan daftar web atau gambar hasil pencarian anda. Pelajari teknik memasukan kata kunci agar anda memperoleh hasil yang lebih akurat. Saat ini Google tengah mencoba fitur pencarian blog. Fitur ini dapat anda lihat dan coba di http://blogsearch.google.com/

  • Blog

Dahulu kita mengenalnya sebagai diary online, blog yang merupakan kependekan dari weblog ini, telah berubah fungsi. Tidak tanggung-tanggung, blog saat ini telah menjadi salah satu alat marketing bagi perusahaan kelas dunia, diantaranya ialah:

a) Honda – http://hondainfo.blogspot.com/

b) Google - http://googleblog.blogspot.com/

c) HardRock - http://hardrockblog.splinder.com/

Ataupun blog orang yang terkenal di bidangnya, misalnya :

a) Hermawan Kartajaya – http://hermawankartajaya.com/

b) Tiara Lestari – http://tiaralestari.blogspot.com/

Dari blog-blog ini banyak sekali hal yang dapat kita pelajari dari yang dibagikan oleh sang pemilik blog. Bahkan Hermawan Kartajaya tidak segan-segan untuk membagikan file presentasinya kepada orang-orang yang mengakses blognya.

· Newsletter

Newsletter ialah email yang dikirimkan oleh suatu web yang kepadanya anda telah mendaftarkan email anda untuk menerima informasi terkait dengan web itu. Contoh – contoh web yang menyediakan layanan ini ialah:

a) Detikinet – http://detikinet.com/

b) Detikfood – http://detikfood.com/

c) Andrie Wongso – http://andriewongso.com/

d) One – http://one.org/

e) SDA-indo – http://sda-indo.com/

Newsletter ini akan anda peroleh dalam jangka waktu tertentu dan anda dapat melakukan unsubscribe sewaktu-waktu jika anda tidak lagi menginginkan layanan tersebut. Dari layanan Newsletter ini anda dapat mempelajari hal-hal yang baru langsung melalui email tanpa perlu membukan website yang bersangkutan.

  • Forum Online

Forum online dapat menjadi alternatif anda untuk mengefektifkan akses internet yang anda miliki untuk belajar. Kelebihan forum online in ialah pembahasan yang dikelompok-kelompokan. Hal ini tentu akan lebih memudahkan anda untuk mencari hal-hal yang telah dibahas sebelumnya atau jika anda ingin membahas suatu topic baru tanpa harus terganggu munculnya pembahasan topik lain.

Beberapa contoh Forum online:

a) Kaskus – Forum terbesar di Indonesiahttp://kaskus.com

b) HIMTI–Forum mahasiswa Teknik Informatika UBiNus–http://himti.org/forum/

c) Chip – Forum pembaca majalah Chip – http://forum.chip.co.id/

Belajar di forum online dapat menjadi alternatif yang tidak kalah menarik bagi anda yang telah mencoba beberapa tips sebelumnya.

  • Wikipedia

Wikipedia ialah ensiklopedi online terbaik saat ini. Mengapa terbaik? Karena Wikipedia ialah satu-satunya ensiklopedi yang menyediakan database puluhan bahkan ratusan ribu artikel dalam 10 bahasa dunia seperti bahasa Inggris, Perancis, Belanda, Italia, Portugis, Mandarin, dll. Tampilan awal yang sederhana yang hanya berupa textbox tempat memasukan kata kunci dan pilihan bahasa yang diinginkan menjadikan ensiklopedi ini salah satu sarana belajar online yang mudah dan menyenangkan untuk digunakan.

Wikipedia dapat anda kunjungi di http://wikipedia.org/

"There is nothing so easy to learn as experience and nothing so hard to apply."

-Josh Billings, His Works Complete


10 comments:

  1. Anne ahira uda bangkrut penipu tuh... banyak orang yg ketipu sama program money game nya... uda lam lagi bangkrutnya

    ada lagi forum tuh di www.kosbinus.tk :P

    ReplyDelete
  2. ya ahira jago bener nipunya.

    gue bilang sih dia gak pernah sedetikpun jadi jutawan.

    tapi hebatnya dia bisa nipu media2 besar seperti swa dan kompas kok bisa2nya meliput dia seakan2 beneran jutawan.

    jadinya media2 juga ikutan membuat banyak orang laen tertipu gara2 liputan mereka itu...

    bisa2nya percaya money game seperti itu...

    ReplyDelete
  3. Anne Ahira selain berprofesi jadi penipu juga jadi spammer juga

    ReplyDelete
  4. Selamat ya juara 2...

    *God Bless Blogger*

    ReplyDelete
  5. Sekedar koreksi saja: Wikipedia tidak tersedia dalam 10 bahasa tetapi sekitar 200 bahasa dengan 100 yang aktif. Dan bukan "puluhan bahkan ratusan ribu artikel" melainkan sekitar 2.550.000 artikel sekarang ini dengan sekitar 800.000 artikel dalam bahasa Inggris saja. Kemudian sambil promosi dikit ada juga wikipedia bahasa Indonesia, Jawa, Sunda dan Bugis (yang baru dibuat).

    ReplyDelete
  6. Hi! i saw you linked my blog, thank you!
    what have you said? i've only understood the word marketing...

    ReplyDelete
  7. Saya juga sempet bingung tentang Anne Ahira, tapi salah satu dosen saya di Binus, pernah ngadain Kapsel (seminar) dengan tema Internet Marketing. Dan sesudah selesai, saya menghampirinya dan bertanya tentang Anne Ahira, ia malah menjawab bahwa ia juga salah satu muridnya. Saya semakin bingung....

    ReplyDelete