Saturday, February 27, 2010

iBox Social Media Actions

iBox adalah salah satu Apple Premium Reseller ternama di Indonesia. Hingga kini ada 12 toko yang berada di mall-mall mewah di Jakarta seperti Plaza Indonesia, Grand Indonesia & Senayan City dan sebuah toko di Paris Van Java Bandung. iBox didukung oleh 3 buah Apple Authorised Service Provider di Jakarta dan 1 di Bandung serta 1 buah Training Center.


Twitter iBox hingga kini saat tulisan ini ditulis terlihat cukup aktif dengan 1,935 followers dan lebih dari 766 following dan 422 Tweets. Terlihat interaksi tanya jawab yang cukup hidup bahkan pertanyaan-pertanyaan seperti apakah pesanan bisa dikirim atau tidak pun dijawab.

Lomba yang diadakan oleh iBox pada Twitter memiliki konsep dan dieksekusi dengan cukup baik. Bukan kuantitas yang dikejar seperti lomba social media lain melainkan kualitas.


Facebook iBox berupa page dengan lebih dari 5,400 fans hingga saat tulisan ini diturunkan. Aktif mengupdate status meskipun tidak setiap hari dan menjawab pertanyaan-pertanyaan fans pada comments. Status yang diupdate tidak melulu berupa promo iBox namun juga informasi-informasi ringan seputar dunia Apple. Facebook Page iBox dalam mengupdate status juga memanfaatkan foto dan link dengan cukup baik. Salah satu media lagi yang dapat dimanfaatkan oleh iBox adalah video.

Konsep lomba Facebook yang cukup baik dengan memanfaatkan fitur tag dan komentar pada foto. Namun eksekusinya tidak terlalu baik dengan mendasarkan pemenang pada jumlah komentar terbanyak dan juga tidak singkron dengan pernyataan nomor 3 di mana disebutkan penilaian ditentukan dari ekspresi peserta.

Dan yang menyedihkan adalah diberikannya tips untuk mendapatkan comment terbanyak pada tab Photo Contest iBox fan page. Fans page yang di kemudian hari yang secara presentase lebih banyak dapat diconvert menjadi penjualan adalah mereka yang menjadi fans karena ketertarikan alami daripada mereka yang menjadi fans karena diminta bantuan oleh teman untuk memenangkan hadiah.

Namun karena fans page Facebook dapat menampung fans yang mungkin tidak terbatas, lomba "adu banyak" seperti ini relatif dapat diterima dengan alasan sebagai aktivitas branding. Meskipun begitu, entah komunikasi apa yang tersampaikan ke masyarakat umum tentang iBox dengan diadakannya lomba Facebook ini.

Akhir kata..


Congrats to VanCJ

Sunday, February 14, 2010

Grand Indonesia on Social Media 2010

Grand Indonesia Logo
Grand Indonesia sebagai salah satu mall besar di ibukota memiliki dana marketing yang tidak sedikit. Beberapa kali mereka memasang TVC di televisi nasional dan juga menempatkan iklan 1 halaman penuh warna di salah satu surat kabar nasional yang nilainya diperkirakan tidak kurang dari Rp 400jt.

Menariknya sebagai pemain besar di industrinya, Grand Indonesia tidak mengabaikan penggunaan social media sebagai salah satu strategi marketingnya. Dan yang lebih menariknya lagi kehadiran Grand Indonesia di social media tidak hanya sekedar membuat account, mengisi info dan foto lalu mengupdate status sesempatnya saja selama 1-2 bulan pertama kemudian tidak diurus lagi. Tidak juga membuat perlombaan mengupdate status berhadiah yang seringkali justru berdampak negatif terhadap brand tersebut.

Grand Indonesia hanya aktif pada 2 social media yang sedang naik daun akhir-akhir ini : Facebook dan Twitter. Bersama 2 social media tersebut, Grand Indonesia juga memiliki website berbasis flash yang belum sepenuhnya rampung hingga tulisan ini diturunkan. Dari Facebook memiliki link ke Twitter dan website, dari Twitter memiliki link ke website namun dari website tidak ada link ke Facebook maupun Twitter.

Grand Indonesia Facebook
Pada Facebook, Grand Indonesia memiliki 2 account aktif yaitu sebagai account pengguna biasa dan account page. Isi status update keduanya kurang lebih sama namun masing-masing tidak saling terhubung melalui suatu link di info maupun ajakan pada status update. Hingga saat tulisan ini diturunkan, account pengguna biasa memiliki jumlah friends lebih banyak daripada jumlah fans pada account page mereka.

Selain aktif mengupdate status yang kebanyakan adalah promo-promo dari tenant dan event yang tengah berlangsung, Facebook Grand Indonesia juga aktif menginvite list teman-teman mereka untuk menghadiri event-event yang mereka adakan. Mereka juga aktif mereply setiap tulisan baik berupa comment atau pertanyaan dari friend ato fan mereka. Mereka pun aktif untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada friend mereka yang berulangtahun.

Grand Indonesia Twitter
Pada Twitter, hingga saat tulisan ini diturunkan memiliki 500 follower dan mem-follow 42 account. Account Grand Indonesia di Twitter aktif mengupdate status dan ReTweet setiap hari. Konten status update berisikan hal yang kurang lebih sama dengan status Facebook yaitu promo tenant dan pengumuman event yang tengah berlangsung. ReTweet dilakukan biasanya pada status-status account Twitter brand-brand luar negri yang diikutin yang kebanyakan adalah brand fashion.

Saran strategi Social Media Marketing Grand Indonesia ke depan :

1) Tetap konsisten melakukan apa yang sudah dilakukan sejauh ini.
2) Optimalkan blog, Youtube dan Kaskus juga sebagai alat social media marketing.
3) Hubungkan semua social media yang dimiliki dari dan ke website resmi.
4) Setelah website resmi rampung, buatlah website versi mobile.
5) Jika diberikan dana social media marketing lebih, buatlah aplikasi di Facebook. Aplikasi dapat berupa games atau hal lain yang sekiranya mampu memperkuat emotional bonding antara Grand Indonesia dengan friends atau fans-nya.