Sunday, March 13, 2011

Kampanye Social Media Marketing Magnum Indonesia

Magnum Facebook Page
Magnum adalah merek es krim premium dari Walls yang merupakan bagian dari Unilever yang pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 1987 di Inggris. Sejak saat itu hingga kini ada sekitar 24 varian Magnum telah diluncurkan oleh Unilever di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Magnum menjadi semakin populer setelah kampanye social media marketing di Facebook / Twitter yang mereka lakukan akhir 2010 lalu. Kemudian pada Februari 2011 lalu, Magnum meresmikan kafe pertama mereka di Indonesia yang mengambil lokasi di pusat perbelanjaan mewah di kawasan Jakarta Pusat, Grand Indonesia.

Kampanye social media marketing Magnum Indonesia ini dari luat terlihat direncanakan dengan amat rapi, dieksekusi dengan baik selayaknya kampanye marketing sebuah perusahaan multinasional. Kampanye marketing Magnum Indonesia di Twitter, Facebook, web & offline tampak sangat bersinergi satu dengan lainnya. Tidak ada hard-selling yang menonjol dalam kampanye social media marketing mereka sebagaimana seharusnya kampanye marketing yang satu itu harus dieksekusi.

Magnum Cafe Wishlist
Banyak kompetisi berhadiah yang diluncurkan oleh Magnum Indonesia dalam kampanye social media marketing mereka. Salah satunya yang menarik adalah Magnum Cafe Wishlist, sebuah kompetisi di mana peserta diminta memberikan harapan-harapan mereka terhadap Magnum Cafe yang saat kompetisi diadakan baru akan dibuka dalam beberapa minggu ke depan.

Magnum Cafe Wishlist dibangun menggunakan FBML yang terintegrasi langsung dengan Facebook Page dari Magnum Indonesia. Pada aplikasi Magnum Cafe Wishlist tersebut, peserta diminta untuk mengunggah foto dan cerita harapan apa saja yang ingin diwujudkan di Magnum Cafe. Panitia memutuskan pemenang berdasarkan penilaian juri terhadap wishlist yang mereka anggap paling menarik. Hadiah yang diberikan adalah hadiah eksklusif dan sama sekali tidak disebutkan apa dan berapa nilai hadiah tersebut.

Magnum Video Competition
Kompetisi lain yang tak kalah menarik adalah adanya kompetisi video di mana peserta mengunggah video mereka ke Youtube yang notabene memiliki daya viral yang tidak kalah hebat dibandingkan social media lainnya.

Namun sayangnya ada beberapa hal yang seharusnya bisa ditingkatkan lagi oleh Magnum Indonesia pada eksekusi kompetisi video ini di mana tidak terlihatnya batas waktu pengiriman video dan mekanisme penentuan pemenang serta syarat dan ketentuan yang harus disetujui oleh peserta kompetisi namun tidak ada apa tulisan mengenai syarat dan ketentuan apapun ketika tulisan tersebut diklik.

Bagaimana menurut Anda?

Data Akun Social Media
Facebook : @MyMagnum-ID (38,709 likes)
Twitter : @MyMagnumID (Dibuat 18 Oktober 2010, 10.091 followers, 38 list)
Web : MyMagnum.co.id (Register domain 7 November 2010, Alexa 790,975)

* Jumlah Facebook Likes, Twitter Followers, List dan Peringkat Alexa berdasarkan pada data terakhir saat tulisan ini ditulis

No comments:

Post a Comment