Sunday, January 30, 2011

AHA Moments "I Want My Android.."

AHA adalah merek modem & paket internet EVDO terintegrasi dari Bakrie Connectivity.

Kampanye Social Media Marketing dari AHA ini difokuskan ke Facebook Page AHA yang hingga tulisan ini ditulis memiliki 76,422 like. Kampanye ini juga didukung oleh Akun Twitter @AHAbroadband dengan 1,216 followers. Tampak pula dukungan iklan banner dari Kaskus.

AHA Touch Kaskus Advertising

Kampanye Social Media Marketing AHA Moments "I Want My Android.." ini tampak bertujuan untuk memperkenalkan produk baru Bakrie Connectivity yaitu ponsel AHA Touch. Kampanye ini menggunakan sistem kompetisi yang berlangsung selama 7 hari mulai dari 28 Januari hingga 3 Februari 2011 ini terbatas hanya untuk fans yang berdomisili di Jabodetabek.

AHA Touch Facebook Banner

Kampanye ini berusaha membuat efek viral dengan secara otomatis memposting status "baru saja ikutan AHAtouch - I want my Android... Competition" di Facebook fans yang mengikuti kompetisi ini. Hal ini bagus untuk membuat efek viral namun sayangnya hal ini dilakukan tanpa meminta izin atau memberi notifikasi apapun terlebih dahulu kepada fans yang mengikuti kompetisi ini.

AHA Touch Facebook AutoStatus Update

Bagaimana menurut Anda?

Sunday, January 23, 2011

Kampanye 100% Original

Kampanye social media marketing 100% original ini difokuskan di Facebook 100% original yang memiliki 11,748 like hingga tulisan ini diterbitkan dan didukung oleh Twitter @100persenasli yang memiliki 22 follower hingga tulisan ini diterbitkan.



Kampanye social media marketing ini sama sekali tidak menyebutkan nama merek apapun namun melihat pemilihan warna yang digunakan dan jenis hadiah (lihat gambar di bawah) yang diberikan, penulis berasumsi Microsoft Indonesia berada di belakang kampanye social media 100% original ini.



Selain bermodalkan hadiah yang tidak sedikit, kampanye social media 100% original ini juga memanfaatkan kemampuan viral Facebook dengan membuat aplikasi semacam affiliate dengan memberikan hadiah berdasarkan banyaknya jumlah teman yang menjadi fans di halaman 100% Original.



Profesional IT Budi Raharjo dan Fashion Blogger Diana Rikasari turut mendukung kampanye ini dengan memberikan beberapa cerita mereka seputar 100% original. Ditilik dari pemilihan kedua tokoh ini tampaknya pihak penyelenggara kampanye ingin menyampaikan pesan 100% original ini minimal kepada para professional dan remaja.

Kreativitas konsep di Facebook sayangnya tidak diikuti juga di Twitter. Menelusuri timeline Twitter @100persenasli, saya menemukan kurangnya interaksi dengan follower dan manajemen waktu tweet yang tidak stabil. Tweet hanya berlangsung 1 arah dan melakukan banyak sekali tweet di hari yang sama setelah lama tidak melakukan tweet dan setelah itu hingga hari ini juga tidak ada tweet lagi.

Bagaimana menurut Anda?

Sunday, January 16, 2011

Panasonic Zoom in Beauty

Panasonic adalah merek dan manufaktur produk elektronik dunia asal Jepang. Di Indonesia sendiri, Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang. Dimulai dengan kehadiran radio ‘tjawang’ oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pada tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, hadirnya brand National di tahun 1970, sampai pada akhirnya mengganti nama National dan menggunakan nama Panasonic di tahun 2004. Sampai saat ini Panasonic di Indonesia memiliki berbagai jenis produk elektronik mulai dari TV plasma, kamera, AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya.

Kampanye social media marketing Panasonic Zoom in Beauty Contest ini difokuskan di Facebook Panasonic Indonesia yang memiliki 91,266 like hingga tulisan ini diterbitkan dan tidak didukung Twitter



Kompetisi ini telah berlangsung sejak 3 September 2010 dan diikuti oleh 1,491 pendaftar dan melalui 6x fase seleksi sebagai berikut :

Fase Pertama : Seleksi dari 1,491 pendaftar hingga menjadi 100 kontestan.

Fase Kedua : Seleksi dari 100 kontestan hingga menjadi 50 kontestan dengan voting like terbanyak di Facebook Panasonic Indonesia.

Fase Ketiga : Seleksi dari 50 kontestan hingga 24 kontestan dengan mengerjakan 2 tugas yaitu menjawab soal & menulis essay.

Fase Keempat : Seleksi dari 24 kontestan hingga 12 kontestan dengan talent showcase di mana setiap kontestan harus membuat video tentang talenta mereka masing-masing seperti menyanyi, menari, host acara, main sulap, dll.

Fase Kelima : Seleksi dari 12 kontestan hingga 6 kontestan dengan membuat video testimonial tentang Kuru-kuru yang membantu finalis jadi cantik.

Fase Keenam : Seleksi dari 6 kontestan hingga 3 kontestan dengan mengambil 3 gambar yang bercerita tentang Beauty Moment.

Tugas-tugas yang diberikan akan dinilai oleh tim juri yang beranggotakan Jerry Aurum (fotografer), Sigi Wimala (model) dan Santi Turino(corporate communication manager PT Panasonic Gobel).


Salah satu entry video kontestan


Kampanye social media marketing Panasonic Indonesia ini termasuk salah satu kampanye social media marketing lokal yang cukup panjang karena telah berlangsung 5 bulan dan baru mencapai fase ke-5 yang berarti masih ada 1 fase lagi yang harus dilalui.

Mekanisme penentuan pemenang dilakukan dengan voting like Facebook pada awal seleksi yang kemudian ditentukan juri pada fase-fase akhir. Voting like Facebook merupakan mekanisme penentuan pemenang yang potensi viral dan sekaligus potensi spam yang sangat tinggi. Mekanisme seleksi melalui juri memberikan kualitas seleksi yang lebih tinggi dari voting berdasarkan like namun kualitas seleksi juri akan berbanding terbalik dengan jumlah kontestan. Menurut saya, mekanisme penentuan pemenang yang dilakukan oleh kampanye social media marketing Panasonic Zoom in Beauty ini sudah tepat.

Bagaimana menurut Anda?

Monday, January 10, 2011

Central Park Twitter Competition

Central Park adalah pusat perbelanjaan dan hiburan yang diresmikan pada 9 September 2009 silam ini merupakan salah satu bagian dari Podomoro City yang terintegrasi dengan hotel, kantor dan apartemen dalam sebuah kawasan yang terletak di Jl. Let. Jend. S. Parman Kav. 28, Jakarta.

Kampanye social media marketing Central Park Twitter Competition ini difokuskan di Twitter @CentralPark yang memiliki 2,207 followers hingga tulisan ini diterbitkan dan memperoleh dukungan dari akun Facebook Central Park yang memiliki 17,060 likes hingga tulisan ini diterbitkan.

PELAKSANAAN

• CENTRAL PARK Twitter Competition akan dilangsungkan mulai dari hari Selasa (21 Desember 2010) s/d Minggu (9 January 2011).

• CENTRAL PARK Twitter Competition dapat diikuti oleh seluruh followers Twitter @CentralParkMall.


MEKANISME

* Followers mengirimkan photo melalui TweetPIC / plixi / yfrog / tweetphoto / sebagainya (foto dengan CP 360 Magazine) disertai komentar mengenai CP 360 Magazine.
* Setiap tweet harus disertai dengan mention @CentralParkMall dan hashtag #CP360Magazine.
* Apabila komentar mengenai CP 360 Magazine terlalu panjang, komentar bisa dibagi menjadi lebih dari 1 Tweet.
* Peserta maksimal mengirimkan sebanyak 10 Tweet berisi photo dan komentar mengenai CP 360 Magazine, untuk mengikuti CENTRAL PARK Twitter Competition ini.




PEMENANG


* Akan dipilih 4 pemenang dengan komentar dan foto mengenai CP 360 Magazine yang paling seru dan menarik.
* Comment terbaik akan dipublish ke dalam halaman Reader’s Comment Central Park Magazine edisi kedua.
* Pemenang akan dipilih dan ditentukan oleh Central Park Team.
* Pemenang akan diumumkan melalui update Twitter @CentralParkMall dan melalui DM, tanggal 10 Januari 2011


HADIAH

• Masing-masing pemenang akan mendapatkan Voucher Belanja BEST DENKI masing – masing senilai Rp. 300.000,-

* Hadiah bisa diambil di Customer Care Center mulai dari tanggal 13 – 20 Januari 2011 dengan menyertakan photo copy identitas diri.

NOTE : Central Park 360 Magazine dapat diperoleh di Info Desk Laguna Atrium, Info Desk Lumina Atrium, dan Customer Care Center LGM Floor CENTRAL PARK MALL.


Tidak ada kreativitas khusus yang terlihat dalam konsep dan eksekusi social media marketing Central Park Twitter Competition kali ini. Tujuan kampanye ini terlihat jelas ingin memperkenalkan majalah baru mereka CP 360 Magazine sebagai media komunikasi alternatif bagi pengunjung Central Park. CP 360 Magazine ini tersedia dalam bentuk cetak dan digital.

Bagaimana menurut Anda?

Saturday, January 01, 2011

Es Teler 77 Facebook Photo Competition

Es Teler 77 adalah usaha makanan dan minuman jajanan populer cepat saji asli Indonesia yang menerapkan sistem waralaba sejak 1987. Kisah berawal dari tahun 1981 ketika Murniati Widjaja memenangkan lomba membuat Es Teler di Jakarta. Bermula dari lomba inilah, timbul sebuah gagasan untuk membuka warung tenda sederhana di pelataran teras pertokoan Duta Merlin di kawasan Jakarta Pusat.

Kampanye social media marketing Es Teller 77 Photo Competition ini difokuskan di Facebook Es Teler 77 yang memiliki 1,631 like hingga tulisan ini diterbitkan dan memperoleh dukungan dari akun Twitter @77esteler yang memiliki 1,692 follower hingga tulisan ini diterbitkan.

Es Teler 77 Facebook Photo Competition

Halo juara77! Ini dia kompetisi berhadiah paling JUARA yang pastinya kamu tunggu-tunggu!!

KENYANG, SENANG, MENANG PHOTO COMPETITION!

Cara ikutannya gampang banget!

1. Ajak temen, dan keluarga kamu untuk makan di Es Teler 77! Sambil menikmati Paket Es Teler 77 dan Teh Botol Sosro.
2. Foto melalui kamera (boleh kamera handphone, dan digital), ekspresikan CARAMU BERSAMA TEMAN ATAUKELUARGA MERAYAKAN KEMENANGAN KE SINGAPURA!! (di dalam fotonya harus terlihat Es Teler 77 dan Teh Botol-nya yaa)
3. Submit foto kamu di Facebookn Es Teler 77! http://facebook.com/esteler77 (Jangan lupa Cantumkan Outlet Es Teler 77 tempat kamu foto ya! boleh di captionnya loh!)
4. Kamu juga boleh edit foto kamu se kreatif mungkin!! Boleh juga loh menambahkan tulisan-tulisan seru!
5. Kesempatan menangnya besar lho! Setiap bulannya kami akan pilih 2 orang pemenang (dipilih melalui penjurian), dan satu pemenang Favorite!
6. Untuk kategori pemenang favorite, adalah pemenang yang memiliki ′Like′ Paling banyak!

Ini dia hadiah JUARA dari Es Teler 77:

Pemenang Pertama :

1. 9 Kupon Kenyang-kenyang Dahulu, Senang-senang Kemudian
2. Makan gratis sepuasnya rame2 untuk 5 orang

Pemenang Kedua :

1. 4 Kupon Kenyang-kenyangDahulu, Senang-senang Kemudian
2. Makan gratis sepuasnya rame3untuk 3 orang

Pemenang Favorite :

1. 2 Kupon Kenyang-kenyang Dahulu Senang-senang Kemudian
2. Makan gratis sepuasnya rame2 untuk 2 orang

Selain hadiah di atas, kamu juga bisa menangin GRAND PRIZEnya lho!

Untuk lima pemenang pertama untuk periode 5 bulan, akan dilombakan lagi untuk mendapatkan satu buah KAMERA DIGITAL SONY DSC-TX7/R !

Program ini dimulai tanggal 6 Desember 2010 - April 2011

Makin KENYANG makan Es Teler 77, makin SENANG hatinya, dan MENANGkan hadiahnya!

*keterangan : Program ini tidak berlaku bagi karyawan Es Teler 77


Komplain Aturan Es Teler 77 Facebook Photo Competition

Penentuan pemenang dalam aturan tersebut ternyata telah berubah dari aturan pertama kali di mana pemenang ditentukan berdasarkan jumlah like terbanyak. Aturan ini dikeluhkan beberapa pengguna Facebook karena kecenderungan berdasarkan pengalalaman mereka ada sebagian orang yang akan memanipulasi sistem kompetisi ini dengan memperoleh jumlah like yang banyak dengan cara yang dinilai kurang etis.

Entry Pertama Es Teler 77 Facebook Photo Competition

Kampanye social media marketing Es Teler 77 seperti ini hanya memanfaatkan sedikit kemampuan viral dari Facebook dan Twitter. Saat tulisan ini diterbitkan baru ada 7 foto yang masuk ke Facebook mereka di mana kompetisi telah berjalan hampir 1 bulan. Kemampuan viral dari Facebook cukup terpangkas dengan perubahan aturan di mana penentuan pemenang utama berdasarkan penilaian dan hanya 1 pemenang favorit berdasarkan jumlah like.

Tidak ada kreativitas khusus yang terlihat dalam konsep dan eksekusi social media marketing Es Teler 77 ini. Saya menyarankan kampanye marketing ini untuk didukung oleh karyawan outlet Es Teler 77 dengan menginformasikan keberadaan kompetisi ini kepada setiap pengunjung yang datang baik melalui lisan maupun tulisan dan jika memungkinkan, pada setiap outlet Es Teler 77 disediakan koneksi internet agar pengunjung yang telah berfoto dapat langsung mengunggahnya ke Facebook.

Bagaimana menurut Anda?