Sunday, February 14, 2010

Grand Indonesia on Social Media 2010

Grand Indonesia Logo
Grand Indonesia sebagai salah satu mall besar di ibukota memiliki dana marketing yang tidak sedikit. Beberapa kali mereka memasang TVC di televisi nasional dan juga menempatkan iklan 1 halaman penuh warna di salah satu surat kabar nasional yang nilainya diperkirakan tidak kurang dari Rp 400jt.

Menariknya sebagai pemain besar di industrinya, Grand Indonesia tidak mengabaikan penggunaan social media sebagai salah satu strategi marketingnya. Dan yang lebih menariknya lagi kehadiran Grand Indonesia di social media tidak hanya sekedar membuat account, mengisi info dan foto lalu mengupdate status sesempatnya saja selama 1-2 bulan pertama kemudian tidak diurus lagi. Tidak juga membuat perlombaan mengupdate status berhadiah yang seringkali justru berdampak negatif terhadap brand tersebut.

Grand Indonesia hanya aktif pada 2 social media yang sedang naik daun akhir-akhir ini : Facebook dan Twitter. Bersama 2 social media tersebut, Grand Indonesia juga memiliki website berbasis flash yang belum sepenuhnya rampung hingga tulisan ini diturunkan. Dari Facebook memiliki link ke Twitter dan website, dari Twitter memiliki link ke website namun dari website tidak ada link ke Facebook maupun Twitter.

Grand Indonesia Facebook
Pada Facebook, Grand Indonesia memiliki 2 account aktif yaitu sebagai account pengguna biasa dan account page. Isi status update keduanya kurang lebih sama namun masing-masing tidak saling terhubung melalui suatu link di info maupun ajakan pada status update. Hingga saat tulisan ini diturunkan, account pengguna biasa memiliki jumlah friends lebih banyak daripada jumlah fans pada account page mereka.

Selain aktif mengupdate status yang kebanyakan adalah promo-promo dari tenant dan event yang tengah berlangsung, Facebook Grand Indonesia juga aktif menginvite list teman-teman mereka untuk menghadiri event-event yang mereka adakan. Mereka juga aktif mereply setiap tulisan baik berupa comment atau pertanyaan dari friend ato fan mereka. Mereka pun aktif untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada friend mereka yang berulangtahun.

Grand Indonesia Twitter
Pada Twitter, hingga saat tulisan ini diturunkan memiliki 500 follower dan mem-follow 42 account. Account Grand Indonesia di Twitter aktif mengupdate status dan ReTweet setiap hari. Konten status update berisikan hal yang kurang lebih sama dengan status Facebook yaitu promo tenant dan pengumuman event yang tengah berlangsung. ReTweet dilakukan biasanya pada status-status account Twitter brand-brand luar negri yang diikutin yang kebanyakan adalah brand fashion.

Saran strategi Social Media Marketing Grand Indonesia ke depan :

1) Tetap konsisten melakukan apa yang sudah dilakukan sejauh ini.
2) Optimalkan blog, Youtube dan Kaskus juga sebagai alat social media marketing.
3) Hubungkan semua social media yang dimiliki dari dan ke website resmi.
4) Setelah website resmi rampung, buatlah website versi mobile.
5) Jika diberikan dana social media marketing lebih, buatlah aplikasi di Facebook. Aplikasi dapat berupa games atau hal lain yang sekiranya mampu memperkuat emotional bonding antara Grand Indonesia dengan friends atau fans-nya.

No comments:

Post a Comment