Saturday, February 27, 2010

iBox Social Media Actions

iBox adalah salah satu Apple Premium Reseller ternama di Indonesia. Hingga kini ada 12 toko yang berada di mall-mall mewah di Jakarta seperti Plaza Indonesia, Grand Indonesia & Senayan City dan sebuah toko di Paris Van Java Bandung. iBox didukung oleh 3 buah Apple Authorised Service Provider di Jakarta dan 1 di Bandung serta 1 buah Training Center.


Twitter iBox hingga kini saat tulisan ini ditulis terlihat cukup aktif dengan 1,935 followers dan lebih dari 766 following dan 422 Tweets. Terlihat interaksi tanya jawab yang cukup hidup bahkan pertanyaan-pertanyaan seperti apakah pesanan bisa dikirim atau tidak pun dijawab.

Lomba yang diadakan oleh iBox pada Twitter memiliki konsep dan dieksekusi dengan cukup baik. Bukan kuantitas yang dikejar seperti lomba social media lain melainkan kualitas.


Facebook iBox berupa page dengan lebih dari 5,400 fans hingga saat tulisan ini diturunkan. Aktif mengupdate status meskipun tidak setiap hari dan menjawab pertanyaan-pertanyaan fans pada comments. Status yang diupdate tidak melulu berupa promo iBox namun juga informasi-informasi ringan seputar dunia Apple. Facebook Page iBox dalam mengupdate status juga memanfaatkan foto dan link dengan cukup baik. Salah satu media lagi yang dapat dimanfaatkan oleh iBox adalah video.

Konsep lomba Facebook yang cukup baik dengan memanfaatkan fitur tag dan komentar pada foto. Namun eksekusinya tidak terlalu baik dengan mendasarkan pemenang pada jumlah komentar terbanyak dan juga tidak singkron dengan pernyataan nomor 3 di mana disebutkan penilaian ditentukan dari ekspresi peserta.

Dan yang menyedihkan adalah diberikannya tips untuk mendapatkan comment terbanyak pada tab Photo Contest iBox fan page. Fans page yang di kemudian hari yang secara presentase lebih banyak dapat diconvert menjadi penjualan adalah mereka yang menjadi fans karena ketertarikan alami daripada mereka yang menjadi fans karena diminta bantuan oleh teman untuk memenangkan hadiah.

Namun karena fans page Facebook dapat menampung fans yang mungkin tidak terbatas, lomba "adu banyak" seperti ini relatif dapat diterima dengan alasan sebagai aktivitas branding. Meskipun begitu, entah komunikasi apa yang tersampaikan ke masyarakat umum tentang iBox dengan diadakannya lomba Facebook ini.

Akhir kata..


Congrats to VanCJ

No comments:

Post a Comment