Sunday, January 24, 2010

Aktivitas Social Media Starbucks Indonesia


Memanfaatkan tren social media untuk kepentingan marketing sebuah bisnis tidak cukup hanya dengan memiliki account di Facebook atau Twitter kemudian memasang iklan yang intens agar banyak yang join / follow di fans page atau Twitter anda. Aktivitas yang berada di dalam account social media anda merupakan hal yang tidak kalah pentingnya.

Starbucks Indonesia sedikitnya aktif di 2 social media paling populer di dunia. Mereka memiliki 270,867 fans di Facebook dan 5,546 follower di Twitter hingga saat tulisan ini diturunkan dan akan terus bertambah setiap harinya.

Mengangani merk terkenal memang banyak memberikan kemudahan dalam membangun list di fans page Facebook atau follower Twitter. Namun hal tersebut tampaknya tidak membuat marketer di Starbucks Indonesia menjadi tumpul. Sebaliknya mereka sangat kreatif dalam melaunching strategi-strategi marketing via social media yang meskipun gratis namun efektif bila direncanakan dan dieksekusi dengan baik.

Pada tanggal 20 Januari 2010, Starbucks Indonesia mengumumkan melalui social media mereka, Facebook dan Twitter mereka mengenai kampanye hari bumi mereka setiap tanggal 22 setiap bulannya di mana pelanggan yang membawa mug / tumbler sendiri cukup membayar 1/2 harga normal untuk setiap minuman yang mereka pesan.

Komunikasi marketing yang ingin disampaikan adalah Starbucks Indonesia peduli terhadap kelestarian lingkungan dan ingin para fans-nya turut mengambil bagian dari kegiatan hijau tersebut sehingga penggunaan gelas berbahan dasar kertas yang biasa dipakai dapat dikurangi sehingga jumlah pohon yang harus ditebang untuk itu pun semakin berkurang.

Pada tanggal 23 Januari 2010, Starbucks Indonesia kembali melaunching kampanye social media mereka. Kali ini mereka yang menuliskan status Facebook atau tweet "Goes to Starbucks" dan menunjukannya ke barista maka berhak mengikuti program buy 1 get 1 free pada tanggal 25 dan 26 Januari 2010 di seluruh outlet Indonesia.

Strategi social media yang digunakan oleh Starbucks ini lebih tepat untuk diterapkan pada bisnis internet yang memiliki profit margin cukup tinggi. Tanpa profit margin yang cukup tinggi tentu anda tidak dapat menjual produk anda setengah harga atau memberikan buy 1 get 1 free tentunya.

No comments:

Post a Comment