Saturday, January 01, 2011

Es Teler 77 Facebook Photo Competition

Es Teler 77 adalah usaha makanan dan minuman jajanan populer cepat saji asli Indonesia yang menerapkan sistem waralaba sejak 1987. Kisah berawal dari tahun 1981 ketika Murniati Widjaja memenangkan lomba membuat Es Teler di Jakarta. Bermula dari lomba inilah, timbul sebuah gagasan untuk membuka warung tenda sederhana di pelataran teras pertokoan Duta Merlin di kawasan Jakarta Pusat.

Kampanye social media marketing Es Teller 77 Photo Competition ini difokuskan di Facebook Es Teler 77 yang memiliki 1,631 like hingga tulisan ini diterbitkan dan memperoleh dukungan dari akun Twitter @77esteler yang memiliki 1,692 follower hingga tulisan ini diterbitkan.

Es Teler 77 Facebook Photo Competition

Halo juara77! Ini dia kompetisi berhadiah paling JUARA yang pastinya kamu tunggu-tunggu!!

KENYANG, SENANG, MENANG PHOTO COMPETITION!

Cara ikutannya gampang banget!

1. Ajak temen, dan keluarga kamu untuk makan di Es Teler 77! Sambil menikmati Paket Es Teler 77 dan Teh Botol Sosro.
2. Foto melalui kamera (boleh kamera handphone, dan digital), ekspresikan CARAMU BERSAMA TEMAN ATAUKELUARGA MERAYAKAN KEMENANGAN KE SINGAPURA!! (di dalam fotonya harus terlihat Es Teler 77 dan Teh Botol-nya yaa)
3. Submit foto kamu di Facebookn Es Teler 77! http://facebook.com/esteler77 (Jangan lupa Cantumkan Outlet Es Teler 77 tempat kamu foto ya! boleh di captionnya loh!)
4. Kamu juga boleh edit foto kamu se kreatif mungkin!! Boleh juga loh menambahkan tulisan-tulisan seru!
5. Kesempatan menangnya besar lho! Setiap bulannya kami akan pilih 2 orang pemenang (dipilih melalui penjurian), dan satu pemenang Favorite!
6. Untuk kategori pemenang favorite, adalah pemenang yang memiliki ′Like′ Paling banyak!

Ini dia hadiah JUARA dari Es Teler 77:

Pemenang Pertama :

1. 9 Kupon Kenyang-kenyang Dahulu, Senang-senang Kemudian
2. Makan gratis sepuasnya rame2 untuk 5 orang

Pemenang Kedua :

1. 4 Kupon Kenyang-kenyangDahulu, Senang-senang Kemudian
2. Makan gratis sepuasnya rame3untuk 3 orang

Pemenang Favorite :

1. 2 Kupon Kenyang-kenyang Dahulu Senang-senang Kemudian
2. Makan gratis sepuasnya rame2 untuk 2 orang

Selain hadiah di atas, kamu juga bisa menangin GRAND PRIZEnya lho!

Untuk lima pemenang pertama untuk periode 5 bulan, akan dilombakan lagi untuk mendapatkan satu buah KAMERA DIGITAL SONY DSC-TX7/R !

Program ini dimulai tanggal 6 Desember 2010 - April 2011

Makin KENYANG makan Es Teler 77, makin SENANG hatinya, dan MENANGkan hadiahnya!

*keterangan : Program ini tidak berlaku bagi karyawan Es Teler 77


Komplain Aturan Es Teler 77 Facebook Photo Competition

Penentuan pemenang dalam aturan tersebut ternyata telah berubah dari aturan pertama kali di mana pemenang ditentukan berdasarkan jumlah like terbanyak. Aturan ini dikeluhkan beberapa pengguna Facebook karena kecenderungan berdasarkan pengalalaman mereka ada sebagian orang yang akan memanipulasi sistem kompetisi ini dengan memperoleh jumlah like yang banyak dengan cara yang dinilai kurang etis.

Entry Pertama Es Teler 77 Facebook Photo Competition

Kampanye social media marketing Es Teler 77 seperti ini hanya memanfaatkan sedikit kemampuan viral dari Facebook dan Twitter. Saat tulisan ini diterbitkan baru ada 7 foto yang masuk ke Facebook mereka di mana kompetisi telah berjalan hampir 1 bulan. Kemampuan viral dari Facebook cukup terpangkas dengan perubahan aturan di mana penentuan pemenang utama berdasarkan penilaian dan hanya 1 pemenang favorit berdasarkan jumlah like.

Tidak ada kreativitas khusus yang terlihat dalam konsep dan eksekusi social media marketing Es Teler 77 ini. Saya menyarankan kampanye marketing ini untuk didukung oleh karyawan outlet Es Teler 77 dengan menginformasikan keberadaan kompetisi ini kepada setiap pengunjung yang datang baik melalui lisan maupun tulisan dan jika memungkinkan, pada setiap outlet Es Teler 77 disediakan koneksi internet agar pengunjung yang telah berfoto dapat langsung mengunggahnya ke Facebook.

Bagaimana menurut Anda?

3 comments:

  1. Saya melihatnya cukup aktif dan kreatif. It attracts people to come to their outlets, have fun with friends, take photos, upload and win prizes. Selain itu, apakah benar, tidak disosialisasikan ke karyawan atau karyawannya yang tidak mensosialisasikan ke pengunjung? Perlu diteliti lho sebelum menulis. Hati-hati dengan judgement yang hanya berdasarkan asumsi pribadi, apalagi sampai dipublikasi.

    HT

    ReplyDelete
  2. All comments are being administrated? Come on :)

    ReplyDelete
  3. Tidak ada satupun kalimat dalam tulisan saya di atas yang menyebutkan / menyatakan bahwa kampanye social media marketing dari Es Teller 77 ini tidak disosialisasikan ke karyawan & pengunjung.

    Saya berusaha menulis sekomprehensif mungkin dalam setiap artikel saya. Namun sekali lagi, tulisan ini merupakan analisa pribadi di blog pribadi yang hingga saat ini belum pernah terpikir untuk saya promosikan melalui media manapun.

    Sama seperti setiap perusahaan punya kebijakan berbeda-beda sesuai kultur mereka masing-masing, saya percaya dengan "All comments are being administrated" di blog ini maka akan tercipta pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi sebagian besar pembacanya.

    Terima kasih atas masukannya :)

    ReplyDelete